3 Tips Gym untuk Pemula yang Penting Diperhatikan

Bagi pemula tentunya akan perlu untuk belajar dari awal lagi. Termasuk bagi yang ingin memulai berolahraga di tempat gym, maka bisa untuk belajar mengenai hal yang perlu dilakukan agar olahraga yang dilakukan bisa memberikan hasil yang efektif. Tips gym untuk pemula sendiri dapat memperhatikan tiga hal yang penting yaitu tujuan yang dipunyai, waktu olahraga yang tepat, dan hal lainnya yang mempengaruhi hasil olahraga agar lebih optimal.

Sc: pixabay @EnergieFitness


 

Tetapkan Tujuan

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan dari melakukan olahraga di tempat fitness adalah dengan menetapkan tujuan terlebih dahulu. Penting sekali untuk mempunyai tujuan yang realistis untuk dicapai, seperti ketika ingin mengurangi berat badan dan membentuk berat badan yang ideal maka tidak bisa dicapai secara instan. Setidaknya membutuhkan waktu mulai dari 6 bulan dan juga tergantung berapa banyak berat badan yang perlu dinaikkan atau diturunkan untuk mencapai berat badan ideal.

 

Dengan menetapkan tujuan yang ideal tersebut bisa menjadi motivasi untuk melakukan olahraga dengan tepat dan hasilnya juga optimal. Setelah mengetahui mengenai tujuan tersebut, tips gym untuk pemula yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan dari ahli yaitu personal trainer. Ada sesi dengan personal trainer yang akan membantu untuk merencanakan olahraga yang tepat untuk dilakukan. Bagi Anda yang ingin olahraga di gym dengan tujuan yang sudah dipunyai, maka bisa menggunakan alat-alat tertentu yang memberikan hasil yang efektif.

 

Personal trainer juga memberikan pengarahan untuk menggunakan alat dengan tepat, alat yang memberikan hasil yang optimal, dan juga saran lainnya untuk mencapai tujuan dari olahraga yang Anda punyai. Nantinya seiring dengan berjalannya waktu baru Anda bisa terbiasa dan mengetahui pengetahuan untuk bisa menyesuaikan olahraga yang perlu dilakukan di gym untuk mencapai tujuan realistis yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Perhatikan Waktu Berolahraga

 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk bisa berolahraga dengan tepat di tempat gym adalah dengan memperhatikan waktu olahraga. Ketika sedang semangat, maka biasanya akan sangat rajin untuk berolahraga bahkan bisa seminggu sekali. Sebaliknya apabila sedang malas maka bisa hingga berbulan-bulan tidak berangkat ke gym untuk olahraga.

 

Anda perlu untuk melakukan olahraga dengan memperhatikan waktu yang tepat yaitu setidaknya berolahraga 3 kali seminggu. Bagi pemula, bisa memulainya sekali seminggu dengan durasi yang cukup panjang. Akan tetapi selanjutnya bisa untuk berolahraga 3 kali dalam seminggu atau waktu lainnya. Pemilihan waktunya juga beragam mulai dari pagi, sore, hingga juga malam asalkan tubuh tidak sedang kecapekan.

 

Saat berolahraga juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Hal yang perlu dilakukan untuk berolahraga adalah dari durasinya yang bisa dilakukan 30 menit setiap harinya. Anda bisa lebih efektif dan efisien dengan melakukan olahraga dengan durasi yang pendek yaitu 30 menit setiap hari. 
  • Anda juga bisa untuk memastikan melakukan pemanasan terlebih dahulu saat akan berolahraga sehingga bisa menghindari cidera. 
  • Begitu juga ketika sudah selesai berolahraga penting untuk melakukan pendinginan yang berguna untuk melepas lelah setelah berolahraga.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

 

Hal penting lainnya yang perlu diketahui juga dari hal lainnya yang mendukung agar hasil olahraga di gym yang dilakukan bisa lebih efektif. Caranya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar membuat hasil yang diinginkan akan lebih optimal. Misalnya saat sedang gym maka penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan mengurangi makanan tinggi lemak.

 

Hal tersebut akan membantu olahraga membentuk otot yang dilakukan dengan rutin di tempat gym akan memberikan hasil yang optimal. Begitu juga ketika sedang berolahraga untuk menurunkan berat badan, maka bisa memilih makanan yang tepat yaitu mengurangi kalori untuk bisa mengurangi berat badan dan mendapatkan berat yang ideal.

 

Di atas merupakan berbagai tips gym untuk pemula yang bisa diperhatikan, sehingga membuat olahraga yang dilakukan memberikan hasil lebih efektif. Pilih juga tempat gym terbaik yaitu di FIT HUB yang memberikan alat olahraga yang lengkap dan kelas yang beragam bisa dipilih. Datangi FIT HUB untuk olahraga bagi pemula yang mempunyai fasilitas mendukung Anda bisa berolahraga dengan nyaman.

Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama