Cara Hilangkan Bau Sepatu dengan Peralatan Rumah Tangga

85 / 100 Skor SEO

Sepatu yang dikenakan seharian biasanya menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Gimana sih cara hilangkan bau sepatu? Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, kebiasaan kehujanan menyebabkan sepatu jadi lembab, akibatnya akan timbul bau pada sepatu. Sementara itu mengenakan sepatu bisa jadi suatu keharusan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari anak sekolah, jalan-jalan, sampai orang yang bekerja pun harus  menggunakan sepatu.

Penyebab Sepatu Bau

Saat melakukan aktivitas, biasanyta tubuh kita akan memproduksi keringat termasuk juga pada bagian kaki. Keringat itulah yang kemudian menimbulkan bau. Selain keringat, kaki yang kotor saat mengenakan sepatu juga dapat menyebabkan bau pada sepatu,  sehingga bakteri yang ada di kulit kaki atau kaos kaki akan memberikan dampak asam yang selanjutnya dapat menimbulkan bau.  

Cara Hilangkan Bau Sepatu

cara hilangkan bau sepatu

Ada banyak cara hilangkan bau sepatu. Setidaknya terdapat 8 cara untuk mengilangkan bau sepatu yang bisa kita coba.

Jaga Kebersihan Sepatu

Terlalu sering mengenakan sepatu,membuat sepatu lebih banyak menyimpan bakteri dan juga kotoran di telapak sepatu. Sehingga sepatu yang sering kita kenakan besar kemungkinan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau tersebut disebabkan oleh keringat yang meresap di bagian sepatu yang tidak dapat menguap. Solusinya adalah dengan mengganti dan mencuci sepatu yang sering digunakan setidaknya 2 minggu sekali.

Taburkan Baking Soda

Untuk menghilangkan bau di sepatu menggunakan baking soda, caranya cukup dengan memasukkan baking soda ke dalam sepatu yang bau secukupnya. Lalu kocok-kocok sepatu yang berisi baking soda tersebut, biarkan semalaman. Hal ini bertujuan untuk menyerap semua bakteri yang terdapat pada sepatu yang bau akibat bakteri atau jamur.  Setelah seharian didiamkan lalu bersihkan baking soda pada sepatu yang bau. Lakukan terus secara rutin setiap malam.

Gunakan Kantong Ampas Teh

Pertama-tama bikin teh dulu, kan musim hujan ini, enak minum tehh di kala dingin. Tehnya untuk diminum airnya bukan buat keramas loh, jangan keliru. Kalau sudah puas, biarkan selama 5 menit lalu angkat kembali kantong teh nya, tunggu sampai kantong teh tersebut menjadi dingin. Lalu  masukkan kantong teh tersebut ke dalam sepatu yang bau, tunggu hingga satu jam lamanya. Setelah itu ambil kembali kantong tehnya dan bersihkan bekas ampas teh yang masih tertinggal dan menempel di sepatu.

Gunakan Bedak Bayi

Bedak bayi juga berguna untuk menghilangkan bau pada sepatu yang paling mudah. Jika kakimu cenderung berkeringat dan bau, maka pakailah sedikit bedak bayi pada kaki, sebelum mengenakan sepatu. Lakukan terus secara berulang untuk hasil yang lebih sempurna.

Pakailah Koran Bekas

Siapa sangka Koran bekas tidak bisa dimanfaatkan? Ternyata Koran bekas juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya cukup membuat bulatan pada Koran bekas, lalu selipkan ke dalam rongga-rongga sepatu.

Letakkan Kulit Jeruk

Siapa sangka kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu? Selama ini kulit jeruk hanya dibuang begitu saja. Padahal aromanya yang wangi memiliki banyak manfaat selain digunakan untuk mengusir nyamuk.

Bahan-bahan yang wangi bisa juga kita pakai untuk menghilangkan bau pada sepatu. Kulit jeruk misalnya.  Caranya cukup mudah, hanya dengan cara meletakkan kulit jeruk ke dalam sepatu dan biarkan selama semalaman. Biarkan hingga aroma bau pada sepatu menghilang.

Bubuk Kopi

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bubuk kopi hampir sama dengan baking soda, yaitu sebagai penghilang bau sekaligus memberikan aroma yang segar untuk sepatu bermasalah. Jika kamu tidak ingin menaburkan bubuk kopi, letakkan saja sepatu bersamaan dengan kantong berisi bubuk kopi ke dalam kotak penyimpanan berukuran sedang atau kantong plastic yang kedap udara.

Masukkan Sepatu ke Freezer

Apabila semua cara telah dicoba dan sepatu tetap saja bau, maka solusi selanjutnya adalah dengan memasukkan sepatu ke dalam freezer. Bekukan sepatu selama semalaman, insa Allah bau pada sepatu akan menghilang.

Itulah tadi beberapa cara hilangkan bau sepatu yang bisa dicoba. Punya tips lainnya mengenai cara menghilangkan bau sepatu? Share pengalamanmu via komentar di bawah ini.

 185 total views,  3 views today

One Response

  1. Lina Astuti Januari 19, 2020

Leave a Reply