5 Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat

96 / 100 Skor SEO

Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat – Beberapa bulan yang lalu saya ngerasa sakit banget di bagian punggung. Khawatir kena kolesterol, lalu pergilah saya buat tes kolesterol. Tapi dokter pribadi saya bilang kalau saya normal. Lah terus ngilu-ngilu gitu asalnya dari mana?

Akhirnya saya cek asam urat. Wah gila, umur masih 28 tahun saya ternyata sudah kena asam urat sebesar 4,7. Wadaw, sudah mendekati 5 nih. Mengapa hal itu sebenarnya bisa terjadi ya? Katanya ada beberapa makanan yang harus dipantang. Terus gimana cara membuat lauk untuk penderita asam urat?

Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat
dari pixabay.com

Mengenal Penyakit Asam Urat

Menurut artikel yang saya baca, ternyata asam urat memang tidak hanya diderita lansia saja. Asam urat adalah sisa metabolisme dari purin. Ketika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin akan menimbulkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Makanya nggak heran kenapa saya bisa kena asam urat meskipun saya masih 28 tahun.

Normalnya kadaranya pada pria adalah kurang dari 7 mg/dL sedangkan pada wanita kurang dari 5,6 mg/dL.

Asam urat yang tinggi bisa menimbulkan meningkatkan risiko batu ginjal, peradangan pada sendi, dan juga benjolan pada sendi akibat penumpukan asam urat. Wadaw, membaca fakta-fakta ini bikin saya jadi ngeri banget buat menjalani hidup. Tapi untungnya artikel yang ditulis oleh dr. Adhi Pasha Dwitama itu lengkap banget, jadi bikin saya agak tenang. Karena diberikan tips untuk mengatasinya. Buat teman-teman yang juga kena asam urat di usia muda kayak saya, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

  • Mengurangi atau membatasi asupan garam
  • Perbanyak minum air putih 
  • Hindari konsumsi alkohol
  • Menghindari makanan yang tinggi purin, conohnya: makanan olahan laut, otak, paru, daging merah, jeroan seperti usus, jantung, dan lainnya
  • Jaga berat badan ideal
  • Berolahraga secara teratur
  • Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin
dr. adhi pasha dwitama
dari SehatQ.cm

Oh ya, dr. Adhi Pasha Dwitama juga menyarankan, apabila keluhan bertambah berat sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi gejala yang timbul serta untuk membantu tubuh mengurangi kadar asam urat.

Mari mengenal penyakit asam urat lebih dalam. Ada beberapa gejala yang sering saya rasakan dan juga dirasakan oleh kebanyakan orang yang menderita asam urat. Berikut ini adalah beberapa gejala lengkapnya:

  • Nyeri berlangsung lama

Seringnya penderita asam urat akan merasakan nyeri dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, perhatian terus kondisi tubuh, apabila sakit berlanjut bisa langsung hubungi dokter.

  • Persendian Bengkak

Persendian yang membengkak ini terjadi akibat menumpuknya kadar purin dalam darah dialirkan menuju ke sendi.

  • Pergelangan Sendi Susah Digerakan

Tumpukan kadar purin yang mengendap pada sendi akan membuat para penderita asam urat sulit bergerak dan akan membuatnya jadi tidak nyaman dalam menjalani aktivitasnya. 

  • Nyeri sendi pada kaki

Gejala asam urat pertama yang paling gampang ditemukan dari adalah nyeri sendi bagian kaki.  Umumnya, nyeri ini dirasakan oleh penderita pada saat bangun tidur dan ketika akan tidur.

mengenal penyakit asam urat
Mengenal penyakit asam urat
  • Kaki terasa terbakar

Gejala dari serangan asam urat terdapat pada bagian kaki. Perasaan terbakar dari ujung kaki ini dapat menyebar ke seluruh tubuh. Gangguan ini juga dapat mengganggu kenyamanan istirahat dari si penderita asam urat.

  • Kemerahan Sendi

Gejala ini akan muncul setelah mengaami kaki yang terasa panas seperti terbakar secara terus menerus. Gejala ini seringkali terabaikan, namun akan tampak setelah rasa panas yang terjadi berkali- kali menjadi parah.

  • Sendi yang Tidak Nyaman

Sendi yang diserang terasa tidak nyaman pada saat digerakkan.

Demikianlah beberapa gejala yang seringkali menyerang para penderita asam urat.  Setelah mengetahui gejala-gejala penyakit asam urat, ada baiknya kita bahas pula bagaimana cara membuat lauk untuk penderita asam urat.

Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat

Selain memilih makanan yang rendah purin, sebagai penderita asam urat kita harus tahu cara mengolah lauk untuk penderita asam urat. Mungkin sebagian dari kita setuku kalau cara membuat lauk yang paling gampang itu adalah dengan cara digoreng. Namun untuk yang sudah kena asam urat, memasak dengan cara menggoreng adalah salah satu metode memasak yang harus dhindari.

Karena, makanan berminyak yang dimasak terlalu lama dapat mengandung kolesterol dan lemak trans yang tinggi. Jadi makanan yang diolah dengan cara digoreng bukan lauk yang tepat untuk penderita asam urat.

Berikut adalah cara membuat lauk untuk penderita asam urat.

  • 1. Merebus
lauk untuk penderita asam urat
lauk untuk penderita asam urat

Cara membuat lauk untuk penderita asam urat yang baik adalah dengan cara merebusnya. Beberapa jenis lauk yang dapat direbus adalah telur, tahu, daging, tempe, atau beberapa ikan laut.

Selain untuk menghindari munculnya lemak jahat pada makanan, metode merebus juga dapat mempertahankan nutrisi yang berada dalam lauk. Sehingga cara yang tepat membuat lauk untuk penderita asam urat adalah dengan direbus.

  • 2. Mengukus
lauk untuk penderita asam urat
dari pixabay.com

Mengukus juga jadi salah satu cara pilihan untuk mengolah makanan. Mengukus lauk seperti tempe, ikan, daging, tahu, bahkan sayur agar nutrisi dalam makanan tidak rusak atau bahkan hilang.

Rasa yang dihasilkan dari makanan yang dikukuspun juga mirip dengan rasa asli asli dari makanannya. Selain sederhana, cara mengukus ini juga akan meminimilasir jumlah lemak trans pada makanan.

Kita bisa mengukus sayur mayur yang rendah purin sebagai lauk untuk penderita asam urat yang juga cocok untuk program diet. 5 Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat

  • 3. Memanggang

Kalau punya hobi masak kue, mungkin punya open atau microwave di rumah. Untuk penderita asam urat, ternyata oven atau microwave itu sangat berguna buat dipakai untuk mengolah makanan dengan cara yang sangat praktis, tanpa mengurangi nilai nutrisi makanan.

Kita bisa memanggang ayam dengan bumbu seadanya di dapur sebagai lauk untuk penderita asam urat. Selain itu kita juga bisa mengganti minyak sayurnya menggunakan olive oil.

  • 4. Menumis

Menumis adalah cara memasak yang paling aman ketika membuat lauk untuk penderita asam urat. Kita dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak sayur ketika menumis. Perhatikan waktu menumisnya, jangan menumis terlalu lama.

Karena selain dapat merusak nutrisi yang ada didalamnya, menumis juga akan membuat makanan jadi mengandung lemak trans yang dapat memicu peningkatan kolesterol dalam darah. Lauk hasil tumisan yang cocok untuk penderita asam urat adalah yang setengah matang. 5 Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat

  • 5. Hindari menggoreng lauk

Menggoreng merupakan salah satu cara membuat lauk untuk penderita asam urat yang paling tidak direkomendasikan. Dengan menggoreng, kita akan merusak nutrisi yang tepat untuk menambah konsentrasi lemak jenuh dan juga kolesterol didalamnya.

Lemak dan kolesterol merupakan zat yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Karena dapat berakibat buruk untuk tubuh. 5 Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat

Demikian 5 cara membuat lauk untuk penderita asam urat yang dapat dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

 78 total views,  1 views today

2 Comments

  1. Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi Juli 7, 2020

Leave a Reply