5 Cara Membuat Racun Tikus Mematikan Terbaik

91 / 100 Skor SEO

Akhir-akhir ini banyak banget suara tikus di rumah saya. Setelah googling dan nemuin cara membuat racun tikus mematikan, saya jadi kepikiran buat sharing. Siapa tahu berguna juga buat teman-teman yang ingin tahu tentang cara membuat racun tikus mematikan.

Racun tikus yang dijual secara komersial memang efektif memberantas hama tikus, tapi produk ini mengandung zat kimia beracun yang sangat berisiko dan dapat membahayakan orang-orang serta hewan peliharaan kita di rumah. Jadi menurut saya ini jadi nggak worthed dipakai.

Sebagai alternatif, kita bisa membuat racun tikus sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti keju, tepung jagung, semen gipsum, atau tempe.

Meskipun terdengar sepele, tapi bahan-bahan di atas tidak begitu berbahaya, kita tetap perlu menjauhkan racun tikus yang kita buat di rumah ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan sebisa mungkin, karena campuran yang dimasukkan ke bahan-bahan tadi tidak boleh sampai tertelan setelah dicampurkan dengan “racun” untuk tikus yang mengganggu.

Cara Membuat Racun Tikus Mematikan

Cara membuat racun tikus mematikan

Gunakan Tepung Jagung dengan Semen Gipsum

Aduk secara merata 100 gram semen gipsum dan 100 gram tepung jagung dalam 1 wadah atau mangkuk besar. 

Lalu tuangkan dan campurkan semua bahan ke dalam takaran yang seimbang dalam mangkuk. Kita bisa membeli semen gipsum di toko perlengkapan kerajinan atau toko perlengkapan rumah. Sementara tepung jagung dapat dibeli dari toko swalayan terdekat.

Apabila tidak memiliki timbangan atau gelas takar, kita dapat menggunakan setiap bahan dengan menggunakan takaran sekitar ⅔ gelas atau cangkir.

Apabila kesulitan atau tidak dapat menemukan tepung jagung, gunakan saja tepung terigu dengan menggunakan takaran yang sama.

Semen gipsum yang telah dikonsumsi oleh tikus, lambat laun akan mengeras di dalam perut tikus dan membunuhnya.

Membuat Racun Tikus Menggunakan Gula

Cara membuat racun tikus mematikan yang kedua yaitu dengan menambahkan 60 gram gula supaya racun tampak semakin menarik. Langkah tersebuy bersifat opsional, tapi rasa manis dari gula mampu mendorong tikus untuk memakan campuran racun.

Setelah itu masukkan semen gipsum dan tepung jagung ke dalam takaran seimbang, tambahkan gula dengan takaran kurang lebih ½ dari kedua bahan tersebut.

Gunakan Soda Kue

Tempatkan pada di tempat-tempat yang sering didatangi tikus. Misalnya, bila kita melihat tikus berkeliaran di dekat kompor atau gudang, maka tempatkan beberapa mangkuk di sepanjang jalur yang sering dilewati tikus tersebut. Dan bila kita melihat tempat-tempat yang sering digali tikus, tempatkanlah mangkuk di dekat area tersebut supaya tikus dapat memakan soda kue beracun. Selidiki apakah masih terdapat kotoran tikus (satu kotoran kecil) di sekitar rumah, sebab biasanya tikus tinggal atau berkeliaran di sekitar kotoran tersebut.

Soda kue akan bercampur dengan asam di dalam perut tikus dan memicu penumpukan karbondioksida yang dapat membunuhnya. Sehingga menjadi salah satu cara membuat racun tikus mematikan yang patut dicoba.

Menggunakan Kentang Tumbuk

Pastikan ada sumber air yang dapat digunakan tikus. Supaya metode ini bisa cepat berhasil, karena tikus perlu meminum air setelah memakan potongan kentang tumbuk. Biasanya, tikus sangat pintar mencari sumber airnya sendiri, tapi kita juga bisa meletakkan mangkuk kecil di dekat wadah kentang tumbuk yang kita sediakan.

Tikus biasanya tertarik terhadap makanan seperti kentang, sehingga tikus akan memakan potongan atau serpihan kentang bubuk instan yang kering. Saat tikus minum, perutnya akan mengalami kembung dan akhirnya membunuhnya. Ini cara membuat racun tikus mematikan yang paling mudah dicoba.

Membuat Racun Tikus dengan Daun Salam

Letakkan daun salam di sekitar rumah. Tikus tidak akan menyukai bau daun salam. Selain itu, bila dimakan, daun salam justru akan beracun dan dapat membunuh tikus. Sebarkan beberapa helai daun salam kering yang utuh di sekitar rumah. Kita juga bisa menggunakan daun salam segar kalau memelihara tanamannya.

Perlu diingat bahwa daun salam juga bisa memicu gangguan perut pada hewan peliharaan lain, seperti kucing dan anjing. Jadi jauhkan dari jangkauan.

Cara membuat racun tikus mematikan ini ditulis ulang dari laman wikihow. Semoga bermanfaat dan dapat membantumu dalam mengusir tikus. Terimakasih telah membaca.

 51 total views,  4 views today

Leave a Reply