Kegunaan Pisang Raja Dempet dan Mitos Makan Pisang Dempet

92 / 100 Skor SEO

Hai, apa kabar? Sebenarnya saya bingung juga sih, kenapa banyak orang yang nyasar ke blog ini gegara nyari kegunaan pisang raja dempet. Emang ada manfaatnya? Biasanya ada dua kemungkinan kenapa bisa ada pencarian itu:

  1. Penasaran pengin tahu aja, atau
  2. Percaya kalau pisang raja dempet itu ada khasiatnya.

Apapun alasannya, sepertinya saya wajib mengapresiasi kamu yang sudah nyasar ke sini demi mendapatkan jawaban tentang apa kegunaan pisang raja dempet. Karena selama ini orangtua kita juga nggak pernah ngasih tau apa saja manfaat dan kegunaan pisang raja dempet, atau ada bahayanya nggak sih makan pisang raja dempet, terus kenapa kok muncul mitos makan pisang raja dempet?

Apa itu pisang raja?

Kegunaan pisang dempet

Pisang raja adalah salah satu jenis pisang dari puluhan pisang yang tumbuh di Indonesia. Biasanya digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pisang goreng.

Pisang raja juga kerap ditaro sebagai buah dalam suatu acara tradisional seperti sedekah bumi. Nama latin dari pisang raja adalah Musa sapientum.

Harga Pisang Raja

Harga jual pisang raja per Juni 2020 masih tergolong tinggi. Mengingat pisang raja memang salah satu buah yang paling enak dimakan sebagai makanan penutup, atau bahkan sebagai cemilan ketika kelaparan sebelum jam makan.

Maka tidak heran kalau harga jual pisang raja masih berada di angka sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000,- saya ambil datanya dari marketplace Tokopedia.

Kenapa Pisang Bisa Dempet?

IMG 20200605 143419

Kalau kamu penasaran kenapa pisang bisa dempet, sebaiknya kita tos dulu. Karena sebenarnya saya juga penasaran. Sayangnya sejauh ini tidak ada atau belum ada seorang pun yang telah meneliti kasus ini. Mungkin karena tingkat kekepoannya tidak terlalu tinggi. Tapi kalau nggak salah di luar negeri pisang dempet ini disebut banana twin.

Kasus pisang dempet seperti ini tidak hanya terjadi pada pisang raja saja. Melainkan terjadi juga pada jenis pisang lainnya, dengan berbagai mitos yang beredar di luaran yang tentu saja mencengangkan.

Mitos Memakan Pisang Raja Dempet

Namanya juga mitos, bisa benar juga bisa tidak. Jaga-jaga boleh, tapi jangan terlalu diimani, karena tidak baik. Setidaknya mitos makan pisang raja dempet itu sebagai berikut:

  • Bagi pria bikin perkasa seperti raja
  • Wanita hamil bakal punya anak kembar tapi dempet
  • Bisa dipake buat guna-guna.

Kadang mitos yang keluar dan beredar itu emang suka ngaco. Bahkan sampai ada larangan makan pisang dempet jenis apapun. Padahal kan cuma sekadar pisang.

Kalau ibu saya bilang, nggak apa apa makan pisang dempet, makannya satu persatu, pisahin dulu. Karena kalo langsung dua duanya namanya kamu serakah, nanti kekenyangan. Masuk akal juga ya kan? Jadi mau percya atau tidak tinggal sugesti pribadi masing-masing.

Kenapa Tidak Boleh Makan Pisang Dempet

Pada dasarnya pisang raja dempet ini disebabkan oleh adanya kelainan genetic yang terjadi pada dua buah pisang yang tumbuh dempet seperti kembar. Sebagaian orang menyebut pisang dempet ini sebagai pisang kembar.

Masyarakat di Jawa sangat tidak menganjurkan memakan buah pisang yang dempet. Apalagi bagi orang yang sedang hamil. Karena akibatnya akan membuat bayi yang dilahirkan menjadi dempet.

Terlepas dari mitos yang bilang kalau makan pisang dempet tersebut, jika dipandang secara logika, ada beberapa alasan kenapa tidak boleh makan pisang dempet, sebagai berikut.

  • Biar tidak rakus – karena pisang dempet itu jumlahnya dua, memakan dua sekaligus tandanya kamu orang yang rakus.
  • Belajar berbagi – harus bisa belajar berbagi sama yang lain, meski pisangnya dempet, kan bisa dipotong, bagi-bagi sama yang lain.
  • Biar nggak kekenyangan – pisang raja dempet itu ukurannya besar, memakan dua sekaligus akan bikin kekenyangan, itulah kenapa tidak boleh makan pisang dempet.
  • Penyalahgunaan – sekarang kan ada tuh ajian atau pelet pisang dempet. Emang zaman udah edan.

Ajian Pelet Pisang Dempet

Pembahasan tentang ajian pelet pisang dempet ini di luar kendali saya. Jadi saya hanya akan membagikan video serupa yang saya temukan di youtube. Silakan ditonton, jangan terlalu serius. Anggap aja hiburan. Cekidot!

Video ajian pelet pisang dempet di atas diberikan peringatan jangan buat main-main. Jadi kalau kamu mencari ajian pelet pisang dempet hanya buat main-main mendingan minggat deh, urungkan niatmu.

Ajian pelet pisang dempet hanya buat yang serius aja.

Kegunaan Pisang Raja Dempet

Saya selalu percaya setiap makhluk yang diciptakan pasti memiliki manfaat dan gunanya sendiri-sendiri. Begitu juga pisang dempat. Salah satu kegunaan pisang raja dempet adalah untuk dijadikan sebagai bahan pembuat makanan. Seperti:

  • Pisang goreng
  • Keripik
  • Nugget
  • Bolu
  • Kolak
  • Es pisang ijo
  • Roti isi
  • Setup

Baca juga 5+ Buah Pisang untuk Ibi Hamil & Manfaat Pisang untuk Pria

Resep Membuat Setup Pisang Raja Dempet

Berikut ini cara membuat setup pisang raja menggunakan pisang dempet. Ini baru the real kegunaan pisang raja dempet kalau bisa dibikin makanan.

Bahan-bahan

  • 3 pasang Pisang Raja dempet yang sudah mateng, atau bisa pakai 6 buah kalau nggak dempet
  • 1 liter air
  • 6 cm kulit kayu manis
  • 4 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga
  • Sejempol jahe, lalu geprek
  • 6 sendok sayur gula (atau sesuai selera.
  • Sejumput garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Setup Pisang Raja

  1. Rebus duku air yang sudah diberi gula, jahe, cengkeh, kulit kayu manis, kapulaga, garam dan daun pandan, aduk hingga mendidih.
  2. Potong pisang menjadi 6 bagian (sesuai selera, jangan terlalu tipis).
  3. Tambahkan ke dalam air, lalu biarkan mendidih sebentar.
  4. Matikan apinya.
  5. Setup pisang pun siap disajikan.

Ternyata membuat setup pisang raja itu mudah sekali bukan? Setelah adanya artikel ini semoga kita semua mengerti bahwa kegunaan pisang raja dempet itu sama aja seperti pisang yang nggak dempet. Yakni, dijadikan sebagai makanan, atau dimakan begitu saja sebagai buah.

By the way, selama ini mungkin yang banyak diketahui oleh orang-orang makanan khas Palembang itu adalah Pempek. Setidaknya ini yang terkenal dari Sabang sampai Merauke barangkali.

Nah buat menambah pengetahuanmu kali ini saya kasih info tentang makanan khas Palembang lainnya selain pempek di 5 Makanan Khas Palembang.

Selain enak dibuat setup, pisang raja dempet juga cocok dibuat Kolak Mutiara. Baca juga Resep Kolak Pisang Mutiara. Demikian kegunaan pisang raja dempet yang patut untuk diketahui.

 1,246 total views,  13 views today

Leave a Reply