6 Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum

82 / 100 Skor SEO

Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum – Libur telah tiba, sudah merencanakan liburan ke mana nih? Sebelum memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa keuntungan menggunakan transportasi umum saat liburan.

Kalau dulu transportasi umum identik dengan sesuatu yang jauh dari kata aman dan nyaman, tapi berbeda untuk keadaan saat ini. Selain lebih murah, moda transportansi umum kini mulai banyak dilirik oleh banyak orang karena lebih nyaman dan efektif di tengah kemacetan. Berikut adalah keuntungan menggunakan transportasi umum yang perlu diketahui

6 Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum

Setidaknya ada 6 Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum, sebagai berikut:

Hemat Uang

Dengan menggunakan transportasi umum, kita pasti telah menghemat pengeluaran dibandingkan apabila kita menggunakan kendaraan pribadi, logikanya nih biasanya tarif yang ditawarkan kereta berkisar Rp. 8.000 – Rp. 50.000, coba kalau pakai kendaraan pribadi, pasti akan lebih dari Rp. 100.000. Jadi kita gak perlu cemas, disamping harga yang terjangkau kita juga hanya tinggal menunggu datangnya kereta yang akan mengantarkan kita sampai ke tujuan.

Mengasah Fungsi Otak

Tahu gak sih kalau naik transportasi umum juga memberi manfaat pada otak kita? Faktanya adalah, menaiki transportasi umum akan membuat otak kita lebih aktif bekerja melalui proses memikirkan pilihan transportasi mana yang paling efektif untuk dipakai, dengan pertimbangan yang termudah, termurah, sampai ke pertimbangan yang mana yang paling menghemat waktu.

Semua hal yang tersebut di atas berkaitan dengan fungsi otak. Baik penalaran, perhitungan, daya ingat, emosi, hingga ke pengambilan keputusan. Kegiatan ini sama seperti ketika kita mengerjakan soal matematika atau ketika kita sedang memainkan puzzle yang bermanfaat bagi otak.

bus

Baca juga : Transportasi Unggul Sebagai Konektivitas Menuju Indonesia Maju

Aman dan Nyaman

Memilih menggunakan tranpsortasi umum akan memberikan dampak berkurangnya jumlah kendaraan di jalanan. Dengan semakin berkurangnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan, maka akan membuat tingkat kecelakaan menjadi semakin rendah.

Apabila angka kecelakaan menurun, semua kerugian yang dialami suatu kota juga akan berkurang. Maka dari itu, secara tidak langsung menggunakan transportasi umum akan membuat kita lebih aman dan nyaman. Apalagi sekarang naik kereta api juga sudah dijamin oleh Jasaraharja kan?

Ajang Bersosialisasi

Transportasi umum pasti digunakan oleh banyak orang. Maka secara otomatis dapat kita jadikan sebagai ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan manusia lain yang ikut menggunakan transportasi umum. Selain itu dari transportasi umum kita juga bisa memantau mode busana yang sedang banyak dipakai oleh banyak orang saat ini. Jadi secara tidak langsung kita juga bisa dapat info tren terbaru nih.

Banyak Bergerak

Pernah merasa badan ngilu dan mudah ngantuk karena kurang gerak? Nah dengan naik transportasi umum, kita jadi banyak gerak. Aktivitasnya dimulai sejak kita berangkat dari rumah, lalu menuju terminal, halte, sampai ke stasiun. Setelah itu, tiba di tempat tujuan. Proses-proses ini tentu membuat kita lebih banyak gerak dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi yang notabene bakalan cuman duduk saja.

Banyaknya proses inilah yang secara tidak langsung membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Hal ini pasti menjadi sangat menguntungkan bagi kita yang kurang memiliki waktu untuk olahraga. Padahal kita sudah sering mendengar atau sudah banyak tahu bahwa ada banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk selalu melakukan aktivitas berjalan kaki minimal 30 menit per hari. Nah, inilah kesempatannya, Kawan.

Meningkatkan Keberanian dan Kemandirian

Keuntungan kali ini berlaku untuk anak-anak. Dua keterampilan ini tidak akan hadir dalam diri kita jika tidak dilatih dan diasah sejak dini, padahal keduanya sangat penting untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Nah, untuk mengasah keterampilan tersebut gak ada salahnya mengajak anak-anak untuk menggunakan transportasi umum. Ajari bagaimana anak harus mematuhi setiap aturan dan etika menggunakan transportasi umum, kemudian kita bisa membiarkan anak untuk menggunakan transportasi umum sendiri kalau usia dan mentalnya sudah siap.

Demikianlah beberapa keuntungan menggunakan transportasi umum. Semoga kita lebih bijak lagi dalam berkendara. Jangan lupa patuhi semua rambu-rambu lalu lintas. Akhirul kalam, selamat berlibur.

 103 total views,  1 views today

Leave a Reply