Kucing Kampung atau Kucing Anggora? Baca 10 Faktanya dulu Yuk!

88 / 100 Skor SEO

Hai, apa kabar? Kadang kita suka bingung mau pelihara kucing kampung atau kucing anggora. Kalau ditinjau dari harganya sih kebanyakan kita lebih memilih kucing kampung dan berusaha mencari kucing kampung yang tiba-tiba dateng ke rumah untuk dibuat jinak. Tapi kalau dilihat dari penampilannya, nggak sedikit juga orang yang rela mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk membeli kucing anggora.

Baik kucing kampung maupun kucing anggora, kedunya tentu saja punya kelebihan dan kelemahan masing-masing yang dapat dijadikan pertimbangan.

Barangkali postingan berikut ini bisa membantumu memilih kucing kampung atau kucing anggora.

Fakta Kucing Kampung

Setidaknya ada 10 fakta kucing kampung yang perlu kita ketahui, yakni sebagai berikut:

Sejarah Kucing Kampung

Beberapa sumber meyakini bahwa kucing kampung adalah turunan dari kucing Afrika liar yang dibawa oleh para pedang ke berbagai penjuru dunia.

Kucing Afrika liar ini kemudian mengalami perkawinan silang yang menyebabkan terjadinya mutasi gen. Sehingga keturunan dari kucing Afrika liar ini menimbulkan jenis kucing baru yang salah satunya adalah kucing kampung yang kita kenal sekarang ini.

Kucing Warna Orange Paling Jagoan

Yang paling menarik dari kucing kampung ini adalah ada kucing jenis bar-bar yang tingkah lakunya ngeselin. Kebanyakan kucing jenis ini memiliki warna orange. Sifatnya yang bar-bar ini membuat kucing orange jadi paling jagoan yang ditakuti oleh kucing warna lainnya.

kucing kampung warna orange
dari gerava.com

Kucing orange berpostur lebih besar ketimbang kucing lainnya, sehingga membuat kucing ini lebih terlihat bar-bar. Kucing orange tampak gagah dan bagus sehingga saat ini banyak orang yang mau memeliharanya. Populasi kucing orange saat ini masih banyak, jadi sangat mudah untuk memelihara kucing jenis ini.

Bergantung pada Makanan yang Dimakan

Sebenarnya semua kucing mempunyai potensi tersendiri untuk menjadi primadona. Hal ini tergantung pada pemiliknya apa benar-benar merawatnya dengan atau tidak. Jika diberi makanan yang bagus dan perawatan yang baik kucing kampung akan tampak sangat tampan/cantik.

Ada banyak makanan kucing kampung yang dapat membuatnya tampak bagus dan menawan.Seperti: daging, telur, ikan, tempe dan lainnya supaya kucing kampung tampak bagus dan bulunya halus menawan. 

Penurut dan Manja

Kucing kampung identik dengan penurut dan manja. Kebanyakan karena kucing kampung itu lebih polos. Seperti manusia yang berasal dari kampung, kebanyakan juga lugu-lugu dan penurut, ternyata kucing kampung juga sama. Ini yang menjadi fakta kucing kampung selanjutnya. Jadi tertarik dengan kucing kampung?

Sabar dulu, baca lagi fakta lainnya.

Punya warna Langka Yaitu Belang Tiga (Kucing Telon)

Konon kucing belang tiga ini memiliki populasi paling sedikit jika dibandingkan dengan kucing kampung lain. Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa kucing telon juga menjadi simbol keberuntungan bagi sebagian orang jika memeliharanya juga masih sering kita dengar hingga kini.

Kucing belang tiga
Kucing Belang Tiga | Image Source : https://pixabay.com

Faktanya adalah kucing kampung yang memiliki tiga warna memang sangat menarik, karena kucing belang tiga di luar negeri disebut dengan kucing cacilo. Namun salah satu mitos yang unik juga masih sering kita temukan, bahwa katanya kucing belang tiga jantan akan dimakan induknya. Tapi setelah dilakukan penelitian ternyata hal ini hanyalah faktor genetika.

Suka Sekali Beranak Pinak

Jadi fakta kucing kampung selanjutnya adalah suka sekali beranak pinak. Ada yang tahu kenapa kucing sering beranak? Bisa jadi karena kucing kampung nggak pernah KB ya kan.

Populasi kucing kampung yang banyak membuat kucing ini jadi gampang sekali kawin dan beranak. Tingkat kehamilan dan kelahiran kucing jenis ini juga tergolong tinggi. Karena dalam satu kali masa kehamilan, kucing kampung bisa beranak langsung antara 3 – 5 anak sekaligus.

Takut Sama Air

Kucing kampung yang sejak kecil tidak pernah dimandikan maka ketika sudah dewasa ia akan takut sama air. Kucing kapung tidak akan suka dengan air sampai sangat susah untuk dimandikan. Biasanya kucing tersebut akan memberontak dengan mencakar siapapun yang mencoba memandikannya.

Hal ini terjadi secara alami karena usahanya melindungi diri juga sebagai kebiasaan dari kecil yang tidak pernah terkena air.

Suka Banget Tidur

Kucing termasuk hewan yang suka tidur begitu juga dengan kucing kampung. Karena daging yang biasa dikonsumsinya kaya akan energi dan tidur akan membuat energinya tersimpan. Kucing biasanya tidur selama 13 – 16 jam perhari apabila asupan makanannya tercukupi.

Jika asupan makanannya kurang maka ia akan berburu atau mencari makan lagi sebagai bekalnya untuk tidur. Aneh ya? Makanya ketika kita melihat kucing tidur itu sebenarnya bukan bermalas-malasan. Itu karena ia justru sedang menyimpan energi untuk dipakai mencari makanan berikutnya.

Kucing selalu memastikan tenaganya cukup untuk melakukan pencarian makanan itulah kenapa ia jadi suka banget tidur.

Asli Dari Indonesia

kucing kampung lucu
Image by joey justa from Pixabay

Kucing kampung ternyata salah hewan peliharaan yang ditemukan di Indonesia, maka tak heran kalau kucing jenis ini juga sering disebut sebagai kucing jawa.

Kelebihan kucing kampung adalah tidak manja, tidak seperti kucing jenis lain yang suka pilih-pilih makanan, selain itu juga mandiri dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh kucing yang asli dari Indonesia tentu hal ini patut dibanggakan. Selain dijadikan sebagai peliharaan kucing kampung juga dapat menjadi penjaga rumah kita dari tikus.

Bisa Diikutkan Kontes Kucing Lokal Dari CFA

Sekarang ini kucing kampung juga bisa mengikuti kontes layaknya kucing-kucing ras seperti persia atau angora. Kontes untuk kucing sekarang ini juga memberikan ruang bagi kucing kampung, karena nyatanya kucing kampung juga memiliki fakta menarik dan potensi tersendiri seperti kucing jenis lainnya.

Dengan penjelasan di atas sekarang kita jadi tahu kan fakta kucing kampung yang ternyata menjadi ras kucing asli Indonesia. Mulai sekarang jangan anggap remeh lagi kucing kampung yang datang ke rumah ya.

 260 total views,  154 views today

Leave a Reply