Resep Kolak Pisang Mutiara yang Maknyus

90 / 100 Skor SEO

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis tentang kegunaan pisang dempet, salah satunya adalah dengan dijadikan kolak, atau bisa juga dijadikan nugget pisang, tinggal pinter-pinter kitanya aja berkreasi. Untuk itu postingan kali ini saya akan membahas tentang resep kolak pisang mutiara. Lantas pertanyaannya bagaimana sih cara bikin kolak sedangkan saya nggak bisa masak?

Untuk itu saya mengumpulkan beberapa artikel terkait yang berhubungan dengan cara membuat kolak, agar artikel ini dapat diposting sesegera mungkin. Dengan adanya resep kolak pisang mutiara ini saya harap bisa menambah referensi kita dalam menikmati pisang, baik pisang dempet maupun tidak dempet.

Baca juga: Makanan Khas Palembang Selain Pempek

Resep Kolak Pisang Mutiara

resep kolak pisang mutiara

Resep kolak yang kali ini akan saya bagikan ini tentu saja yang gampang penyajiannya, jadi biar gampang ditiru oleh orang yang nggak bisa masak sekalipun.

Selain itu, saya berusaha mencari resep kolak pisang mutiara yang semua bahan-bahannya mudah dicari. Sehingga setelah selesai membaca postingan ini langsung bisa nyobain. Karena di musim yang kemarau kayak gini, paling enak makan sekaligus minum yang seger-seger gitu.

Apalagi suasana ramadan masih begitu dekat dengan kita yang identik dengan sajian yang manis-manis. Maka postingan tentang cara bikin kolak pisang mutiara kali ini kayaknya related sama kondisi saat ini, ya kan.

Cara Membuat Kolak Pisang Mutiara

Ada ribuan resep kolak pisang yang beredar di internet, dari pisang dempet, pisang ambon, pisang kepok dan sebagainya. Tapi kali ini yang akan kita bahas adalah cara buat kolak pisang mutiara. Berikut ini bahan dan resepnya.

Bahan-bahan

Notes: bahan-bahan di bawah ini sesuai selera, bisa dikurang atau dilebihin.

  • 8 biji buah pisang
  • 150 gram sagu mutiara (rekomendasi merk Belyc’s)
  • Manisan kolang kaling (optional)
  • 2 butir gula merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 lbr daun pandan
  • 1 batang kayu manis
  • 3 bungkus santan kara
  • 6 gelas besar air

Cara Bikin Kolak Pisang Mutiara

  1. Rebus dulu sagu mutiara secara terpisah sampai empuk.
  2. Dinginkan dulu sambil melakukan langkah yang berikutnya.
  3. Sambil menunggu air mendidih, kupas semua kulit pisang dan belah jadi 3 bagian, atau sesuai selera.
  4. Tambahkan daun pandan, garam, kayu manis, santan, gula pasir serta gula merah yang sudah diiris-iris tipis.
  5. Aduk rata, lalu tunggu sampai mendidih lagi.
  6. Tambahkan pisang yang sudah dipotong-potong, beri manisan kolang kaling juga sekalian di dalamnya.
  7. Aduk rata, tunggu sampai mendidih terus matikan kompornya.
  8. Sagu mutiara yang sudah masak ini bisa dicampurkan langsung ke kolak pisang tadi. Kalo saya sengaja saya pisahkan wadah/tempatnya agar lebih mudah mengambil sesuai selera sebelum dicampurkan ke gelas/mangkuk sajian kolak.
  9. Selamat menikmati si manis kolak pisang mutiara sudah berhasil dibuat.

Gimana, mudah kan cara membuat kolak pisang mutiaranya? Untuk memudahkanmu dalam pembuatannya semoga video di bawah ini bisa membantu. Kalau ada pertanyaan perihal rese kolak pisang mutiara ini silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Demikianlah tadi resep kolak pisang mutiara yang bisa kita coba. Semoga bermanfaat.

 118 total views,  1 views today

Leave a Reply