√ Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Terbaik dan 5 Cara Membuat CV

90 / 100 Skor SEO

Sistematika surat lamaran atau CV sangat berguna bagi semua orang yang sedang mencari kerja. Saat melakukan konsultasi karir yang banyak ditanyakan oleh fresh graduate adalah tentang bagaimana cara membuat CV yang menarik, sehingga dapat menjebol HRD.

Nggak heran juga sih, karena fresh graduate itu masih belum punya banyak pengalaman, jiwanya masih labil, suka bingung sendiri, krisis identitas, jadi nggak bisa nentuin karir. Nah untuk itu lah pentingnya CV yang menarik.

Karena CV tidak hanya bertujuan untuk menginformasikan diri kita, tetapi juga memiliki tujuan untuk menuliskan kemampuan apa saja yang kita punya dalam dokumen singkat pada surat lamaran pekerjaan.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika surat lamaran pekerjaan
Contoh Sistematika surat lamaran pekerjaan

Sebelum kita bahas bagaimana cara membuat CV yang menarik agar HrD terpincut, kita bahas dulu sistematika menulis lamaran pekerjaan agar dapat memudahkan dalam membuat CV yang menarik. Sistematika surat lamaran pekerjaan setidaknya memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat – biasanya ditulis dengan tanggal bertepatan pembuatan surat lamaran tersebut. Contoh: Lubuklinggau, 14 Februari 2020.
  2. Hal atau perihal (opsional/ terkadang tidak digunakan)
  3. Alamat tujuan – cek lagi, tujuan surat lamaran kepada siapa. Misalnya mau melamar ke Mayora. Jadi nulisnya gini: Yth. Kepala HD Mayora di …. Sebutin alamatnya.
  4. Salam pembuka – sebaiknya tidak usah bertele-tele di bagian ini.
  5. Isi – isi ini menyangkup beberapa hal, diantaranya:
    • Identitas diri pelamar – yang melingkupi nama, tempat tanggal lahir, bakat dan keahlian.
    • Posisi yang diinginkan – sebutkan sesuai formasi yang ada.
    • Lampiran pendukung – lampirkan sebanyak-banyaknya sebagai portofolio diri.
  6. Penutup
  7. Tanda Tangan

Itu lah tadi sistematika surat lamaran. Selain sistematika surat lamaran pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Melampirkan CV yang menarik adalah salah satunya. Kalau CV yang kita buat sudah menarik, pasti HRD akan tertarik dan nggak menutup kemungkinan juga kita bakal jebol di suatu perusahaan.

Cara Menulis CV yang Menarik

Setelah tahu bagaimana sistematika surat lamaran pekerjaan, selanjutya kita bahas juga cara menulis CV yang menarik. Berikut ini adalah cara membuat CV yang menarik

Setidaknya ada 5 cara membuat CV yang menarik, coba buktikan sendiri :

Job Research

Yang harus kita lakukan pertama kali adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang bakal kita lempari surat lamaran. Serap informasi dari beberapa sumber baik online maupun offline sedetail mungkin.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu visi, misi dari perusahaan tersebut. Juga nilai-nilai dan etos kerja yang ada di sana. Supaya dapat memudahkan kita dalam memilih perusahaan mana saja yang cocok buat kita. Makanya melakukan job research itu adalah kegiatan yang sangat penting sebelum membuat CV.

Setelah itu catat semua informasi yang sudah kita dapatkan yang berkaitan ddengan prasyarat untuk pelamaran. Misalnya kualifikasi pekerjaan, keahlian, usia, dan pengalaman yang biasanya menjadi pertimbangan.

Baca juga pengalaman saya tes corona online.

Pahami isi CV Secara Umum

Ini adalah tahap penyusunan CV. Buatlah secara runut supaya dapat memudahkan HRD ketika membaca CV kita. Karena HRD biasanya mengutamakan kualitas. Secara umum konten yang harus ada dalam CV itu seperti:

  • Identitas diri – isi semua yang berkaitan dengan diri kita, seperti nama lengkap sesuai KTP, alamat, kontak yang dapat dihubungi dan beberapa informasi penting lainnya.
  • Pendidikan – bubuhkan informasi pendidikan terakhir yang sudah kita tempuh apa, di mana, dan jurusannya apa, serta jangan lupa sebutkan jumlah IPK supaya dapat menjadi bahan pertimbangan HRD agar bisa memilih kita.
  • Personalitas – jelaskan bagaimana gambaran karakter diri kita secara singkat saja, jangan panjang-panjang dan bertele-tele, yang penting bisa dimengerti dan padat.
  • Pengalaman kerja – tulis semua pekerjaan yang pernah kita lakukan sebelumnya. Usahakan yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kita lamar.

Kesimpulan

Setelah semuanya sudah tersusun, baru tahap selanjutnya adalah membuat CV. Cara membuat CV yang menarik adalah dengan membuat tampilan rancangan yang sesuai dengan isi. Buatlah rancangan yang gampang dipahami, minimalis, dan rapi.

Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat CV. Dari yang gratisan sampai ke yang berbayar. Salah satunya adalah aplikasi Canva.

Berbagai contoh CV yang menarik juga bisa kita cari di Canva atau kita juga bisa mencarinya dari pencarian google. Di bawah ini adalah contoh CV yang saya dapatkan dari aplikasi Canva.

Cara membuat cv yang menarik
Contoh CV yang menarik

Hindari Kesalahan dalam CV

Ketika sudah selesai membuat CV, jangan lupa untuk memastikan sekali lagi bahwa beberapa ejaan yang dibuat sudah benar. Revisi apabila terjadi kesalahan. Pastikan untuk meminimalisir berbagai kesalahan dan buatlah serapi mungkin. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata baku agar CV yang kita buat lebih tampak professional.

Analisis CV

Tahap analis digunakan untuk mengevaluasi CV yang telah dibuat. Kalau semua tahap sudah kita lakukan, tahap terakhir yang bisa kita lakukan adalah menganalisisnya. Mintalah bantuan satu atau dua orang teman, agar penilaian pada CV yang telah kita buat menjadi lebih objektif.

Itulah tadi sistemarika surat lamaran dan cara membuat CV yang menarik yang bisa kita coba. Semoga dapat memberikan inspirasi. Karena membuat CV yang menarik itu layaknya membuat branding image diri kita, mengenai siapa kita. Agar terlihat lebih professional, jangan lupa untuk melakukan konsultasi karir di www.maukerja.id

 2,916 total views,  49 views today

One Response

  1. Bara Anggara Mei 2, 2020
  2. Pingback: 3 Cara Privat Nomor Indosat yang Mudah Juli 22, 2020

Leave a Reply