9 Tips Mencari Supplier untuk Jualan Dropship Online

83 / 100 Skor SEO

Bila kita memiliki modal yang terbatas namun ingin memulai usaha, kita bisa mencoba model bisnis dropship online. Maka tips mencari supplier untuk jualan dropship online ini akan memandumu. Konsep bisnis dropship pada dasarnya sederhana.

Kita memasarkan barang supplier untuk dropship ke channel penjualan yang kita miliki. Bila laku terjual, maka si supplier mengirimkan barang ke pelanggan kita, tapi mencantumkan nama toko kita sebagai pengirim. Sekilas terlihat mudah model bisnisnya, namun memilih supplier ini terbilang susah-susah gampang.

Tips Mencari Supplier untuk Jualan Dropship Online

Tips Mencari Supplier Untuk Jualan Dropship Online

Berikut tips mencari supplier untuk jualan dropship online yang akan saya bagikan untuk memilih supplier yang tepat untuk memulai bisnis dropship online.

Respons Cepat

Supplier yang kita pilih harus memiliki respon yang cepat ketika kita bertanya atau komplain soal orderan. Karena akan memudahkan kita dalam menentukan langkah selanjutnya.

Jadi sebaiknya sebelum memutuskan supplier A,B,C, bisa tanya-tanya dulu untuk tes respons mereka.

Proses Pemesanan yang Mudah

Kalau sudah sreg dengan responnya coba tes pesan produknya. Apakah mudah dalam ordernya? Apakah ordernya menggunakan website? Atau order bisa menggunakan marketplace dan fitur dropship?

Pengiriman Cepat

Supplier yang kita pilih haruslah mengirim barang dengan cepat. Misalnya saja kita order barang hari ini, tapi kalau barangnya baru dikirim 3-7 hari kemudian lebih baik coba cari supplier lain.

Siapa tahu dia itu bukan supplier, tapi dropship juga sama seperti kita dari tempat lain, atau memang lama aja proses packing sampai tahap pengiriman. Bisa jadi memang overload juga pengiriman. Banyak factor sih.

Update Resi Cepat

Nah ini, yang bikin hati dag dig dug kalau udah ditanyain pelanggan barang sudah dikirim belum? Resinya mana? Kok barang belum sampai, mau ambil sendiri di jasa pengirimannya, resinya mana?

Kalau dapat supplier yang lama update resi siap-siap kena omel sama pelanggan. Mending kalau cuma ngomel, resikonya pelanggan bisa dadah babai. Kaus!

Stok Banyak

Bisnis dropship ini yang penting itu stok. Kita itu sebenarnya Cuma jualan gambar, jadi kalau stok nggak ada ya ngga ada barang yang dikirim. Jadi pastikan sama supplier kalau stok aman untuk bisnis dropship.

Kualitas Produk Harus Bagus

Idealnya sih, kalau mau jualan dropship, kita itu beli barangnya dulu, lihat langsung kualitas barangnya. Jadi nggak ngawang-ngawang bentuknya kaya apa.

Kalau memang produknya banyak dan nggak mungkin beli semua, setidaknya belilah produk supplier yang best seller. Jadi kita bisa tahu standar produk yang laku dijual itu seperti apa.

Jangan sampai kita menjual barang yang memiliki kualitas buruk. Barang ini kan nantinya akan dikirim ke pelanggan, jadi pastikan kualitasnya baik.

Baca juga 5 Perlengkapan yang Semestinya dimiliki Cowok

Bisa Retur

Nah, kadang barang yang sampai ke pelanggan ada aja yang cacat pabrik. Pastikan kamu tanyakan ke supplier apakah ada garansi bila terjadi kerusakan? Apakah bisa retur bila cacat pabrik?

Tiap supplier memiliki kebijakan masing-masing. Ada yang memberikan garansi ada yang tidak. Ada yang kalau retur ongkos kirim bolak-balik ditanggung pelanggan, ada yang mau menanggung ongkos kirim ke pelanggan.

Pokoknya hal seperti ini harus cari tahu ke calon supplier kamu.

Materi Kreatif yang Beragam

Sebagai dropshiper, media gambar dan video merupakan hal yang penting. Supplier yang baik biasanya memberikan gambar professional supaya menarik calon pelanggan untuk membeli produk.

Selain itu supplier juga memberikan informasi yang jelas dan copy writing yang baik untuk produk yang dijualnya agar semakin menarik minat calon pelanggan.

Bimbingan untuk Dropship

Supplier yang baik biasanya memberikan bimbingan untuk reseller dan dropshiper nya supaya semakin berkembang dan meningkat penjualannya.

Pelatihan yang diberikan misalnya seperti bagaimana cara berjualan di marketplace, berjualan di social media dan cara closing ke calon pelanggan. Bimbingan yang diberikan ini berguna bagi reseller dan dropshiper dalam berjualan online.

Demikianlah tips mencari supplier untuk jualan dropship online. Memulai bisnis dengan modal sedikit bisa dimulai dengan dropship, namun yang paling penting dari berbisnis adalah konsistensi serta fokus. Selamat mencoba!

Author: Inez Dwijayanti.

 445 total views,  19 views today

Leave a Reply