Tips Persiapan Puasa 2020 dengan Aplikasi Umma Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Terjemahan dari surat Al Baqrah ayat 183 ini pasti sangat familiar bagi semua muslim di dunia. Artinya menunaikan ibadah puasa adalah wajib hukum nya bagi yang sudah baligh dan waras.  Jadi akan ada balasan pahala ketika menjalankannya. Nggak cuma itu aja, karena ternyata puasa itu juga membuat badan kita menjadi lebih sehat.

Menurut artikel yang pernah say abaca, dari Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, seroang Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)  mengatakan bahwa puasa merupakan keadaan yang secara medis dikenal sebagai Prolonged Intermittent Fasting. Dampak dari kegiatan itu adalah agar tubuh menjadi lebih sehat karena pada saat kita berpuasa, terjadi pembatasan asupan makanan, keteraturan waktu makan juga jam tidur, serta pengendalian diri.

Jadi setelah saya rangkum, saya menemukan setidaknya ada tiga alasan kenapa puasa itu menyehatkan.

Pembatasan Makanan

Pada hari biasanya mungkin kita terbiasa dengan makan tiga kali sehari, sesuai anjuran guru-guru kita dulu, atau mungkin dari media informasi yang kita lihat. Sementara itu ketika puasa hal itu nggak mungkin lagi. Karena adanya pembatasan makanan, sehingga dari yang sebelumnya kita makan tiga kali, menjadi dua kali, yakni pada saat sahur dan berbuka puasa.

Tapi ternyata pembatasan makanan ini adalah suatu hal baik. Karena ternyata hal ini dapat membuat tubuh melakukan penghancuran lemak, serta pengurangan radikal bebas. Kegiatan ini secara tidak langsung juga bisa diterapkan sebagai program diet.

Berbagai Penyakit Menurun

Dari alasan sebelumnya kita akhirnya tahu bahwa puasa juga dapat membuat tubuh menghancurkan lemak. Karena asupan lemaknya berkurang, maka asupan kolesterol pada tubuh kita juga berkurang. Hal ini juga berdampak pada jumlah asam urat yang semestinya juga menurun. Selain itu juga darah tinggi dan gula darah juga akan terkontrol.

Jadi saat berbuka puasa jangan barbar langsung makan lahap ini itu masuk ke mulut. Karena sama aja bohong, tubuh kita nggak jadi menghancurkan lemak kalau kita timbun ulang lemaknya. Kalimat simpelnya kan gitu.

Mengurangi Kegiatan Merokok

Nah ini positif juga alasan selanjutnya, yaitu dapat mengurangi kegiatan merokok. Karena kita berpuasa sekitar 14 jam, artinya akan menyetop kegiatan merokok yang sebenarnya merusak tubuh. Jadi dengan melaksanakan puasa, para perokok dapat memberikan kontribusi dalam menyediakan udara yang segar, dan terbebas dari polusi asap rokok yang menyesakkan dada. Hobah!

Tapi, nah ada tapinya nih, melaksanakan puasa selama satu bulan penuh itu bukanlah hal yang mudah bagi tubuh. Soalnya harus menyesuaikan pola makan dan pola tidur. Jadi ada beberapa tips persiapan puasa yang bisa kita coba. Dalam hal ini saya akan mengambilnya dari dua sisi, dari sudut agama dan kesehatan.

Kita bahas dulu tips persiapan puasa dari segi religi. Berikut ini setidaknya ada lima persiapan puasa yang bisa kita coba.

1. Tobat

Apa sih tobat itu? Saya kutip dari jagokata, makna tobat di KBBI adalah sadar dan menyesal akan dosa (perbuatan yang salah atau jahat) dan berniat untuk kembali ke jalan yang benar. Nah, dengan melakukan tobat ini semoga kita bisa sama-sama menjalankan ibadah puasa dengan khusuk. Btw, doakan saya khusuk ya, soalnya ini adalah bulan puasa saya bareng istri, semoga saya kuat. Aamiin

2. Mematapkan Niat

Menjalankan puasa ini akan dapat pahala yang melimpah, karena ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Jadi kalau sudah tobat, kita harus niat. Jangankan menjalankannya, baru niat aja kalau niatnya baik sudah langsung dicatat oleh malaikat dan dapat pahala. Pernah dijelasin kan oleh guru agama kita dulu jaman sekolah? Jadi mantapkanlah niat ibadah puasamu sodara-sodara.

3. Perbanyak Ibadah Sunah

Banyak ibadah sunah yang dapat kita lakukan, misalnya salat duha. Tapi karena ini sedang mempersiapkan puasa, kita bisa melakukannya dengan ngebanyakin puasa senin kamis, supaya terbiasa aja, dan tubuh kita nggak kaget aja kalau diajak ujuk-ujuk puasa.

4. Beli Buku Ramadhan

Tahu kan buku yang isinya berupa catatan ibadah kita gitu? Kalau dulu jaman sekolah pasti ngisinya asal-asalan, dan bohong nih pasti. Karena mengharapnya nilai dari guru agama aja, bukan mengharap nilai dari Allah SWT. Jadi karena sekarang kita sudah dewasa, niatnya diganti dengan melakukan evaluasi, seberapa banyak bolongnya salat wajib kita, dan sebagainya. Agar dapat kita lakukan perbaikan di kemudian harinya. Makanya ini termasuk penting untuk dipersiapkan

5. Pasang Aplikasi Umma di Ponsel

Umma merupakan aplikasi untuk kaum Muslim di Indonesia. Konten dan komunitas umma bertujuan untuk mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari.  Umma Ramadhan menyediakan beberapa artikel yang menarik dan berguna untuk mempersiapkan puasa, serta meningkatkan iman kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

tips persiapan puasa

Isi aplikasinya lengkap, ada beberapa fitur menarik di dalamnya seperti:  Pengingat salat, jadi langsung bisa muncul suara azan saat waktu salat di sekitar kita tiba. Muadzinnya pilihan dan suaranya tuh enak-enak semua. Kemudian ada AlQurannya, yang ngajinya langsung dari Kuwait, Syekh Misyari Al Afasy yang awal tahun lalu datang ke Indonesaia. Selain itu juga ada forumnya, bisa live streaming kegiatan agama, serta kajian online juga.

Jadi semuanya lengkap. Mendingan langsung pasang aja deh di ponselmu. Gunakan kartu terbaik supaya dapat sinyal yang maksimal. Baca juga daftar paket internet yang wajib dicoba milenial supaya ketika memasang dan mengunduh aplikasi umma nggak ada kendala.

Nah kalau sudah dari segi agama, sekarang kita bahas tips persiapan puasa dari segi kesehatan. Ini berguna khusus untuk hari pertama puasa.

Batasi Jumlah Makanan

Ini saya taro jadi poin pertama, karena pada saat godaan terbesar itu adalah menahan lapar. Jadi dengan membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh kita, maka tubuh kita akan terbiasa dengan rasa lapar, jadi kita akan terbiasa menunggu sampai waktu berbuka telah tiba. Serta jauhi cemilan, supaya terbiasa makan pada saat berbuka dan sahur, makanya kita harus terbiasa dengan menjauhi cemilan.

Sarapan Lebih Pagi

Ini berguna untuk membiasakan diri makan sebelum waktunya. Karena pada saat puasa kita akan bangun untuk makan sahur. Sahur adalah hal yang baik buat tubuh kita, tapi kadang ada beberapa orang yang kehilangan nafsu makan dan melewatkan sahur. Jadi membiasakan sarapan lebih pagi bisa kita coba untuk mempersiapkan puasa.

Atur Jam Tidur dan Kurangi Ngopi

Karena harus sahur saat dini hari, cobalah untuk mengatur jam tidur agar tidak terlalu larut sehingga memperoleh waktu istirahat yang cukup, dan dapat sahur tepat waktu.  Jangan lupa juga untuk mengurangi ngopi, karena ngopi buat sebagian orang hanya malah bikin susah tidur. Selain itu ngopi juga akan menyebabkan lambung jadi memproduksi asam klorida dan cairan lambung di perut. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Ini tips persiapan puasa menurut saya. Semoga bisa memberikan inspirasi. Kalau kamu apa aja persiapannya? Share pengalamanmu via komentar!

 117 total views,  2 views today

25 Comments

  1. Kokoh Hendra April 20, 2020
  2. signalnvqueen.com April 20, 2020
  3. Jihan April 20, 2020
  4. Lithaetr April 20, 2020
  5. Mutia Ramadhani April 21, 2020
  6. Ovi roro April 21, 2020
  7. Ipeh April 21, 2020
  8. Icha Marina Elliza April 22, 2020
  9. Masruhin April 22, 2020
  10. Triyatni April 22, 2020
  11. Sani April 22, 2020
  12. Grandys Mawarni April 22, 2020
  13. BayuFitri April 22, 2020
  14. Shafira Adlina April 23, 2020
  15. Rini Novita Sari April 23, 2020
  16. Ari Santosa Pamungkas April 23, 2020
  17. bang lius April 23, 2020
  18. wahyuindah April 23, 2020
  19. steffifauziah April 23, 2020
  20. Nurhilmiyah April 23, 2020
    • Nurhilmiyah April 23, 2020
  21. Richa Miskiyya April 24, 2020
  22. Bang Doel April 25, 2020
  23. Erny Kusuma April 28, 2020
  24. ZEEVORTE Mei 2, 2020

Leave a Reply